Menembus Alam Bawah Sadar, Jawa Pos Minggu, 15 Juli 2007

Minggu, 15 Juli 2007,
Menembus Alam Bawah Sadar


Tren Terapi lewat Hipnotis
AKSI hipnosis belakangan sering muncul di beberapa stasiun televisi. Sebagian besar tayangan itu bersifat komedi, menampilkan ahli hipnosis yang sedang “mengerjai” orang. Misalnya, “menidurkan” seseorang melalui teknik hipnosis, lalu orang tersebut diminta melakukan apa saja untuk mengundang tawa.

Tampaknya memang lucu. Namun, ternyata banyak juga orang yang takut ketika disuruh menjadi “korban” hipnosis. Sebab, bagi sebagian orang, mendengar kata hipnosis, bayangan aneh-aneh muncul. Mulai takut dikerjai, dicelakai, atau bahkan dibohongi.

Salah seorang ahli hipnosis di Surabaya, Yus Santos, tidak mengelak bahwa hipnosis ditakuti sebagian masyarakat. Apalagi, banyak yang menganggap hipnosis setara dengan gendam. Sekali sentuh, pikiran melayang dan dompet hilang. “Nggak ada yang namanya gendam. Kalau bisa begitu, saya mending nggendam daripada menjadi hipnoterapis,” ujarnya bergurau.

Memang, menurut sebagian orang, gendam tidak berbeda jauh dari hipnosis. Membuat pikiran sadar berganti menjadi pikiran bawah sadar. Menurut Yus, gendam adalah sebutan penjahat yang memanfaatkan sisi tamak manusia. Sebelum digendam, manusia diiming-imingi hal yang cukup membuat pikiran tak sempat menganalisis.

Dia menyatakan, manusia dibohongi dengan cara diiming-imingi, kemudian disebut gendam. Sama halnya dengan nonton film. Contohnya, orang yang terlalu serius mengikuti alur cerita hingga menangis.

“Sebab, mereka tidak sempat menganalisis bahwa adegan itu hanyalah film. Alam bawah sadar yang mengontrol itu semua. Sama halnya dengan orang yang diiming-imingi, kena tipu, lantas malu dengan mengatakan kena gendam,” katanya.

Tugas hipnoterapis, kata Yus, adalah mengingatkan masyarakat soal hipnosis. Banyak yang salah kaprah, menyebut hipnosis sebagai hipnotis. Memang, itu tidak sepenuhnya salah. Hipnotis diambil dari hipnoterapis yang disingkat. Proses membalikkan manusia ke alam bawah sadar seharusnya disebut hipnosis.

Di luar kerangka tayangan televisi, hipnosis sebenarnya sama sekali tidak perlu ditakuti. Justru dengan mengaktifkan pikiran bawah sadar, manfaat yang diperoleh cukup banyak. Salah satunya, menyembuhkan berbagai penyakit, gangguan psikis, hingga menemukan potensi diri.

Pakar hipnoterapi Romy Rafael ketika berpresentasi ilmu hipnoterapi di Surabaya beberapa waktu lalu mengungkapkan, hipnosis bisa diilmiahkan. Dia lalu mencontohkan, manusia akan terjaga ketika mendengar pintu dibuka, meski sebelumnya tidur sangat pulas. Begitu pula dengan manusia yang mengalami koma. Di telinga mereka selalu diperdengarkan doa-doa atau dipasang walkman agar bisa mendengarkan lagu kesayangannya.

Semua gejala natural itulah yang dimanfaatkan untuk hipnoterapi. “Kita tidur delapan jam tiap hari. Berarti 2.400 jam tiap tahun terbuang percuma. Padahal, waktu tersebut bisa digunakan maksimal,” tegasnya.

Jadi, hipnoterapi itu murni pengobatan alternatif, bukan mainan atau magic. Sebagian orang memang sudah mengetahui hal itu. Meski tak banyak, ahli terapi hipnosis mulai bermunculan. Mereka sebenarnya sangat dibutuhkan dalam masyarakat kita sekarang. Masyarakat pun sadar bahwa teknik hipnosis bisa dijadikan sebuah rangkaian terapi. “Itu adalah seni komunikasi bawah sadar,” jelas Romy.

Hal itulah yang membuat pakar hipnosis mulai menggeluti bisnis dengan kemampuan mereka. Beberapa di antaranya mulai belajar teknik hipnosis sebagai terapi, bukan lagi sebagai trik komedi.

Salah satu kegunaannya adalah mengetahui potensi diri. Misalnya, berbisnis. Kemampuan bernegosiasi dan mengambil keputusan dalam waktu dan kondisi yang tepat merupakan kunci keberhasilan berbisnis.

Kemampuan tersebut semakin terasah bila diikuti pengendalian diri dan berpikir positif. Dengan begitu, pebisnis mampu berpikir jernih dan bisa mengambil keputusan dengan tepat dalam bernegosiasi dengan klien. Hipnoterapi khusus untuk bisnis itu juga kerap dilakukan Romy.

Selebriti yang sering menggunakan busana hitam-hitam tersebut menyatakan, kemampuan hipnosis dalam berbisnis tidak untuk memperdayai lawan atau klien. Bukan juga magic yang bersifat menipu. Justru, hipnosis bisa diilmiahkan untuk tujuan-tujuan yang baik. Yakni, menggali lebih jauh kepribadian yang terpendam dalam diri seseorang.

“Sering kita tak menyadari bahwa dalam diri terdapat kemampuan potensial yang belum tergali. Dengan hipnoterapi, kemampuan potensial tersebut bisa digali dan dimanfaatkan maksimal,” jelasnya.

Selain memunculkan potensi diri, hipnoterapi bisa digunakan sebagai penangkal fobia. Sering manusia “mengidap” fobia, mengalami rasa takut berlebihan. Parahnya, jika sudah mencapai klimaks fobia, rasa takut itu akan menjadi bumerang dan justru merugikan diri sendiri.

Misalnya, fobia durian atau kulit kacang. Tampaknya menggelikan dan tidak mungkin terjadi. Tapi, menurut para hipnoterapis, penyakit itu sangat banyak dijumpai. “Dengan hipnoterapi, ketakutan yang berlebih bisa dihilangkan. Kami memberikan sugesti baru dalam alam bawah sadar dengan melalui berbagai proses,” jelas Yus Santos.

Kecanduan rokok pun bisa disembuhkan dengan hipnoterapi. Menurut Soni Herlambang, pakar hipnosis yang lain, tiap bulan, rata-rata dirinya menangani 10-15 pasien baru. Di antara jumlah penderita tersebut, kebanyakan adalah kalangan remaja-dewasa dengan kisaran usia 18-50 tahun. “Paling banyak laki-laki dengan keluhan ingin berhenti merokok,” ungkapnya.

Namun, dia tak menampik, ada pula remaja-remaja perempuan yang sering berobat karena fobia. “Fobianya macam-macam. Mulai hal sepele seperti bunga atau binatang hingga fobia ketinggian atau berada di lokasi yang terlalu rendah,” ujar pria 35 tahun tersebut.

Dr Tuti Herwini SpKJ, salah seorang psikiater di Surabaya, menegaskan, hipnoterapi adalah proses penanaman sugesti yang berguna memotivasi pasien. “Motivasi tersebut berupa nasihat positif,” katanya.

Caranya, pasien mengisi tes minesota multiphasec personality index (MMPI). Setelah itu, pasien diminta rileks, tenang, dan santai. Saat kondisi rileks, baru Win memberikan semacam sugesti berupa nasihat positif. “Terapi itu sangat ilmiah dan tidak ada unsur penipuan seperti gendam serta segala macamnya tersebut,” tegasnya.

Sejak Januari lalu, dia menangani 150 pasien. Kisaran usianya 20 hingga 30 tahun. Kebanyakan keluhan yang disampaikan adalah cemas dan depresi. Hal tersebut disebabkan masalah pekerjaan dan sekolah. “Kalau remaja, penyebab kecemasan adalah masalah sekolah. Kalangan dewasa justru depresi karena pekerjaan. Bisa karena terlalu stres di pekerjaan atau bekerja dalam tekanan,” ungkapnya.

Namun, tidak berarti tak ada pasien dengan usia di bawah atau di atas usia tersebut yang datang berobat. Ada pula pasien berusia 9 tahun. Biasanya, pasien dengan usia tersebut ingin meningkatkan motivasi belajar, menyembuhkan kebiasaan mengompol, atau fobia gelap. “Pasien tertua berusia 66 tahun. Keluhannya berupa kebingungan,” kata ibu tiga anak tersebut. Kebingungan yang dimaksud adalah gejala linglung dan terlalu cemas.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, terapi minimal dilakukan 10 kali. Jika kasusnya berupa narkoba, terapi biasanya dilakukan hingga 30 kali. Sekali terapi, harganya sekitar Rp 250 ribu. Waktu terapi sekitar 45 menit. Waktu tersebut sudah termasuk konsultasi. “Tiap hari, saya menangani 5-6 pasien,” jelasnya.

Meski demikian, hipnoterapi tidak serta-merta sukses karena sang terapis. Biasanya, klien juga menentukan dalam proses kesembuhan. Hal itu bergantung tingkat parah tidaknya klien. Sebab, kunci kesembuhan sebenarnya ada pada klien, hipnoterapis hanya menjadi fasilitator. (ode/ai/rth/ara)

Tentang Yus Santos

Yus Santos, MM CHt, CCht, CI lisensi Master NLP, Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Hypnotherapist and Hypno Trainer. Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER Society of NLP
Tulisan ini dipublikasikan di artikel hypnotherapy dan tag , , , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Menembus Alam Bawah Sadar, Jawa Pos Minggu, 15 Juli 2007

  1. mayang rara berkata:

    saya memepunyai seorang kakak yang akhir2 ini berubah, kayaknya dia mudah putus asa dan jadi sering berkhayal, kami sekeluarga takut kalo dia sedang depresi, dan kami ingin sekali megajak dia ke psikiater, di mana alamat jika mw konsultasi di surabaya??? saya sangat mengharapkan balasan anda. terimakasih banyak

  2. Hendra berkata:

    Sama dengan mayang saya juga punya seorang saudara yang kelihatannya engalami depresi. saya sudah mencoba untu kmemotivasi tetapi tidak ada hasilnya. Mungkin ada yang tahu alamat psikiater yang bisa hipnotis? Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  3. boncu berkata:

    saya boleh tahu alamat peraktek anda??

    Ruko Mangga Dua Blok A9-2 lantai 3 Jagir Wonokromo 100 Surabaya phone 031.60379699 atau 031.8416995.
    wasalam

  4. faisal muchtar berkata:

    Maaf saya kurang lengkap membaca tulisan di atas, namun saya ingin bertanya :
    1. Apa ada cabang untuk kursus Hipnoterapi di Jakarta? Bila
    ada, di mana?
    2. Berapa biaya kursusnya?
    3. Kalau untuk berbisnis, apakah hipnoterapi haram
    hukumnya?
    4. Terima Kasih

  5. Fadhil.ZA berkata:

    Artikelnya menarik sekali , saya mohon izinnya untuk mengcopy artiukel ini ke blog saya, tentunya dengan tetap menyebut penulis dan nara sumber, bolehkan?

  6. herman wibowo berkata:

    di mana alamat di surabaya & praktek hr apa, jam brp ? krn sy ingin bw istri unk terapi, thanks

  7. ariansa berkata:

    pak yus saya sangat tertarik dgn belajar hypnosis. apa saya bole mendapatkan modul lengkap tuk belajar hypnosis dari pak yus. saya berkeinginan ketempat bapak tp tempat dan waktu bagi saya tidak memungkinkan dikarenakan sangat berada sangat jauh dari bapak. saya berada dipaling barat indonesia.. saya harap bapak dapat mengabulkan permohonan saya, terimakasih sebelumnya atas segala bantuan pak yus.

  8. verygd berkata:

    SESULIT APA SIH BELAJAR HPNOTIS,ATAU ADA BAGIAN TBUH TERTENTU YG HRUS DI KETUK UNTK MEMULAI HPNTIS?

  9. STEPANUS PALINGGI berkata:

    apa langkah-langkah awal yang ditempuh untuk bisa belajar sampai bisa masuk kedalam alam bawah sadar?

  10. cokro kusumo berkata:

    belajar hypnotis dgn berpikir positif akan jauh cepat bereaksi cepat.

  11. artikel yg sangat brmanfaat,kt dpt mengeksplorasi kekuatan alam bawah sadar yg dahsyat itu dgn hipnosis,
    salam sukses untk bangsa indonesia tercnta..bangkitlah,kt bisa!

  12. dgn hipnosis kt dpt memgeksplorasi potensi terbesar manusia yaitu alam bwh sadar dlm mcptakn keberhasilan hdp.Artikelnya sangt brmnfaat dan mdah2n bgsa indonesia mjd bngsa yg sukses lahir batin..

  13. suleman duke berkata:

    Dalam hal mempelajari/menembus alam bawah sadar, bagaiamana cara yang lebih praktis atau yang lebih detilnya.

  14. viyan berkata:

    saya cenderung di usili orang walo saya tidak salah apalagi dalam hal urusan wanita.saya ingin saran yang terbaik bagaimana saya bisa melakukan hipnotis kepada salah satu orang- orang tersebut.terima kasih.

    • Yus Santos berkata:

      ada banyak sikap kita yang bisa menjadikan kita bebas dari usilan orang lain. yang jelas kita harus pasang state tertentu dalam pikiran dan sikap kita sehingga orang akan segan dengan kita.

  15. Mirfat berkata:

    Saya ingin tahu alamat praktek di Surabaya. Mungkin bisa dikirimkan per email. Terima kasih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s