BANYAK CARA BERHENTI MEROKOK

 

Tabloid NYATA, Minggu I Mei 2007

(Nara sumber Dr Albert Maramis SpKJ(K), Romi Rafael CHt, Yus Santos, MM Cht )

Bagi perokok berat, memang sangat sulit melepaskan diri dari kenikmatan rokok. Tapi, tak ada salahnya untuk terus mencoba. Bagaimana caranya ???

 

Berhenti merokok memang tak semudah berucap “ aku mau berhenti merokok !” apalagi jika berada di lingkungan perokok berat. Bisa-bisa tergoda dan kembali merokok. Usaha itu bertambah sulit karena nikotin bersifat adiktif alias membuat ketagihan. Apalagi pabrik menambahkan zat tambahan agar rasa rokok kian memenuhi keinginan konsumen. Zat-zat tambahan inilah yang dapat meningkatkan kinerja dari nikotin

Menurut dr Albert Maramis SpKJ(K), staf Departemen Psikiatri FKUI dan perwakilan WHO Indonesia. Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa 70-80 persen perokok ingin berhenti merokok. Tapi sayang ada yang tiga sampai empat kali mencoba, tetapi belum berhasil juga. “Memang, sifat adiktifnya tidak seberat narkotika dan obat-obat berbahaya, namun tetap saja sulit dilepaskan,“ papar spesialis penyembuhan aneka kebergantungan itu.

 

Menurutnya ada beberapa alasan mengapa kebiasaan rokok itu sulit dihilangkan. Pertama, rokok itu legal kedua, bisa dibeli dengan mudah termasuk di kafetaria rumah sakit, ketiga, mereka merasa tidak bersalah karena banyak orang melakukan hal yang sama. Keempat, taraf ketagihan rokok masih ringan, sehingga perokok seringkali menunda untuk berhenti merokok.

 

Obat dan Terapi Psikologi

 

Menurut Albert, sebagian orang yang berusaha melepaskan diri dari rokok pada awalnya akan mengalami banyak gangguan. Mulai dari isomnia, mudah tersinggung, menurunnya konsentrasi dan daya pikir,kecemasan, penurunan detak jatung dan bertambahnya berat badan “ gejala ini timbul waktu beberapa jam setelah berhenti merokok, sehingga mendorong orang untuk merokok kembali. Angka kambuh sangat tinggi, 60 persen orang yang mencoba berhenti merokok akan kambuh lagi dalam tiga bulan, jadi tidak ada jalan lain bagi yang benar-benar ingin berhenti selain mencoba terus untuk berhenti,”jelas psikiater UI tersebut.

 

Bagaimana cara berhenti merokok? Sebenarnya kita bisa menghentikannya sendiri, dengan niat dan usaha kuat. Bisa berangsur-angsur mengurangi, ataupun detik itu juga stop merokok selamanya. Kalau susah melakukannya kita bisa menempuh cara pengobatan tapi keterlibatan pasien sangat utama, karena akan sia-sia kalau dia tidak berusaha untuk berhenti. Pasien harus mengontrol perilakunya dan kalau perlu mengonsumsi obat-obatan yang diberikan untuk menghilangkan keinginan merokok. Menghilangkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan stamina. Selain terapi psikologi dan pengobatan, perokok juga bisa menggunakan metode hypnosis. Inilah sekarang banyak ditempuh perokok untuk dapat berhenti merokok, “Makin banyak bukti ilmiah tentang manfaat hypnosis. Metode ini bisa menolong sampai 66 persen orang yang ingin berhenti merokok.” Ungkap Albert.

 

Hypnotherapy Quit Smoking

 

Metode penyembuhan lewat hipnoterapy sendiri tidak terlalu rumit. Seperti dikatakan pakar hypnotherapy Rommy Rafael. Penyembuhan dapat dilakukan dengan metode hypnotherapy one on one, yakni seorang hypnotist (pelaku hypnosis) menghipnosis seseorang untuk berhenti merokok. Namun bisa juga dengan self hypnosis atau menghipnosis diri sendiri. Menurut kebiasaan merokok bisa cepat dihentikan syaratnya “semua berawal dari kemauan dan niat orangnya. “kata Rommy.

Bagaimana caranya ? Menurut Rommy, di alam bawah sadar ada tiga hukum yang berlaku Yaitu : Pertama, apapun yang dipikirkan oleh pikiran dapat dijadikan realita. Kedua, sesuatu yang diulang dengan emosi dan itensitas yang cukup tinggi dapat menjadi bagaian dari diri kita dan Ketiga, alam bawah sadar tidak bisa membedakan antara imajinasi atau realita.

 

Mereka ( kaum perokok ) memperoleh kebiasaan buruknya juga karena tiga hukum ini. Maka menghilangkannya juga dengan tiga hukum bawah sadar ini.” Ucap Rommy . Penjelasannya, pertama, sejak awal perokok mengasosiasikan rokok dengan sesuatu yang enak. Misalnya rokok adalah gaul, gaya, kenikmatan, hilangnya stress, bisa konsentrasi. Nah, jika merokok dibiasakan, maka yang terjadi adalah hukum. Kedua, perokok merasa rokok memang enak, sehingga terekam dalam alam bawah sadarnya. Hukum ketiga untuk menguraikan hukum pertama itu.

 

Menurut Yus Santos certified hypnotherapist dari NLP Alfa Omega Hypnotherapy Center Surabaya, harus dicari penyebab klien merokok. Penyebab awal merokok sebenarnya bisa diungkap lewat dialog antara klien dan hypnotist. Namun ada kalanya klien lupa. Nah memori penyebab awal merokok itu bisa digali lagi dengan membuka alam bawah sadar sang klien. Caranya klien diajak melakukan relaksasi dengan posisi duduk yang sangat rileks sambil mendengarkan musik yang menenangkan dan mengatur nafas dalam udara yang sejuk. kemudian, hypnotist mengajak masuk ke alam bawah sadar untuk mengingat lagi momen-momen pertama klien merokok. Jika ada tekanan atau traumatis yang membuatnya terpaksa merokok maka klien diajak untuk memaafkan dan berdamai dengan masa lalu.

 

Selanjutnya klien dajak untuk menegaskan keinginannya berhenti merokok dan membayangkan mengubur kebiasaan yang baru yang lebih sehat yang penting untuk selamanya. “Prosesnya dianalogikan seperti mengubah segalas kopi menjadi segalas susu. Gelas kopi dituangi susu hingga berubah warna menjadi kopi susu dan diguyur terus hingga akhirnya berubah menjadi susu murni,”kata Yus semua ini menuntut kesadaran diri klien “ semakin cerdas klien, semakin mudah dia berimajinasi untuk berhenti merokok. Ada klien yang dalam satu sesi saja sudah berhenti merokok,”lanjut Yus.

 

Sama halnya Yus sebelum terapi dimulai Rommy lebih dulu membuat diagnosis awal untuk menentukan kasus yang dihadapi klien. Setelah itu ia lansung menentukan kurikulum yang harus dilakukan klien serta jumlah sesi yang wajib dijalani. “Setelah itu dicari cara untuk menyembuhkan kebutuhannya akan merokok kalau perlu dengan mengubah kesan enaknya rokok.”

 

Self Hypnotherapy

 

Bagaimana dengan self hypnotherapy untuk berhenti merokok? Bisa juga, self hypnosis berarti menghipnosisi diri sendiri. Tapi karena dilakukan diri sendiri, kita butuh bantuan untuk bisa benar-benar rileks. Alat bantunya adalah rekaman audio hypnosis khusus untuk berhenti merokok yang kini sudah dijual di pasaran yang ditulis Rommy yaitu hypnotherapy Quit Smoking! ungkap Yus.

 

Klien juga bisa membuatnya sendiri jika mau tapi dia harus belajar dulu soal teknik hypnosis meski sedikit.”kata Yus. Dan menurutnya tidak sulit untuk memperlajari itu. Pada intinya untuk self hypnosis ini klien diminta belajar teknik relaksasi. Mulai dari mencari waktu dan suasana yang tepat untuk bisa rileks seutuhnya. Misalnya dini hari atau menjelang tidur dengan alunan musik lembut dan udara yang segar. Kemudian klien diajari mencari posisi yang benar-benar nyaman untuk self hypnosis. Setelah itu klien bisa mendengarkan rekaman audio soal berhenti merokok” intinya hipnotis adalah sugesti. Sugesti adalah kata-kata. Kata –kata hypnotist direkam dan yang mendengarkan dengan rileks sambil tutup mata, “ujar Rommy

Jika anda ingin membuat rekaman sendiri usahakan untuk tidak dengan kalimat negatif, yaitu kalimat yang menggunakan kata tidak, jangan atau dilarang. Itu malah membuat anda membayangkan hal yang dilarang. Jadi ajak diri dengan lembut dengan kata-kata positif, “ kata Yus , Kalimat – kalimat yang dia sarankan seperti mulai hari ini dan seterusnya saya ingin menghirup udara segar, saya meninggalkan rokok selama-lamanya, rokok membawa kerusakan, jadi harus dijauhi selamanya dan seterusnya kalau perlu sensasi nikat rokok dipora-porandakan. Misalnya klien diminta menbayangkan terus menerus bahwa bau rokok itu sangat tidak enak maka begitu kembali ke kehidupan nyata dia akan tidak menyukai rokok lagi karena dalam pikirannya rokok itu tidak enak.

 

Tip Berhenti Merokok

 

    Jika ingin berhenti merokok sendiri cobalah beberapa tips ini :

  1. Tumbuhkan niat kuat untuk berhenti merokok. Karena hanya dengan keinginan saja tidak akan berhasil

  2. Pilih satu hari untuk mulai berhenti merokok dan pilih keesokan harinya dan berikutnya

  3. Jauhi rokok, jangan sentuh rokok sama sekali. Karena kalau anda hanya ingin mengurangi, maka anda tidak akan berhasil sama sekali lepas dari kebiasaan merokok.

  4. Kalau perlu, belajarlah self hypnosis anda juga bisa mengasosikan rokok sebagai sesuatu yang tidak enak dan menjijikan atau hubungan dengan momen anda benar-benar tergugah untuk stop merokok (Misalnya saat anak anda meminta stop merokok karena dia ingin anda menemaninya wisuda)

  5. Alihkan rokok dengan mengonsumsi permen atau cemilan rendah kalori

  6. Konsumsi vitamin, mineral,buah, sayuran dan banyak minum air putih(hal ini baik untuk detoksifikasi tubuh), usahakan minum air putih beberapa gelas setiap kali bangun pagi

  7. Rutin berolahraga

  8. Sadarlah bahwa nanti kita akan merasa marah, terganggu dan ingin sekali merokok, itulah tanda efek ketagihan nikotin. Itu akan menganggu kita seperti anak kecil, cuekin aja !seperti anak kecil kalau dicuekin ia bakal pergi

  9. Pikirkan waktu kita biasanya merokok, saat pesta, sebelum tidur, kumpul sama teman. Cari bagaimana caranya kita bisa melewati keadaan tersebut tanpa rokok dengan menyibukan mulut dan tangan

  10. Hindari teman yang medorong merokok. Cari teman yang juga pengin berhenti merokok atau tegaskan anda sedang ingin berhenti merokok.

 

 

Post Scriptum :

Bila Anda ingin belajar Hypnosis “Quit Smoking bias menghubungi :

  1. Romy Rafael Hypnotherapist di Jakarta www.romyrafael.com

  2. Yus Santos, MM Cht www.alfaomegahypnocenter.com atau Alfa Omega NLP-HYPNO CENTER Ruko Mangga Dua Blok A9-2 lantai 3 Jalan Jagir Wonokromo 100 Surabaya telp (031)60379699 –(031)8416995

About these ads

Tentang Yus Santos

Yus Santos, MM CHt, CCht, CI lisensi Master NLP, Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Hypnotherapist and Hypno Trainer. Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER Society of NLP
Tulisan ini dipublikasikan di artikel hypnotherapy dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke BANYAK CARA BERHENTI MEROKOK

  1. tommy berkata:

    Saya Ingin Berhenti Merokok dengan cepat

  2. sholikin berkata:

    memang susah tapi bila anda mau mencoba dan terus beerusaha maka hasil yang baik akan anda capai dengan sangat memuaskan

  3. pikko berkata:

    Yup, silahkan lakukan 10 Tips berhenti merokok itu karena terbukti bagi saya membuat berhenti merokok sejak februari 2008 hingga sekarang.
    Tantangan terberat ada di no.9 dimana anda harus punya kegiatan untuk menyibukkan tangan dan mulut ( Kalau saya larinya ke makan dan minum, makanya berat naik 1kg / bulan … he3x )

  4. arie berkata:

    saya kan punya teman dia susah bgd buad berhenti ngeroko.. dari no.1 ampe no.9 dijalani tapi dia ga bisa ninggalin temen2nya.. untuk no.9 dia bisa tapi pas santai dia ngerokok lagi… saya sebagai teman khawatir akan kesehatannya.. batuknya makin parah… menurut anda sebaiknya saya berbuat apha?

  5. bayu berkata:

    dlunya sy ada sangat anti sekali yang nama nya rokok, tapi sejak saya kuliah dan kost saya mulay mencoba yang namanya rokok.,.,. disaat sendiri di kost maupun ada masalah yang terjadi.,.,.,.
    sekarang saya akan coba berhenti merkok.,.,,.
    trimakasi ata infonya.,.,.,.

  6. T54w4b berkata:

    Makasih untuk tips-nya, moga2 berhasil gitu…

  7. anisha puti yandri berkata:

    dulu semenjak ibu sy hamil bpk sy sudah tdk ngerokok tp nggak tw deh sekartang ngerokok lg!!

  8. Arwin berkata:

    Stelah skian lama brusaha ‘mengurangi’ kbiasaan merokok, sya brksmpulan bhwa tyata sya tak kan pernh mampu mlpaskan brg laknat ini, kecuali hanya dgn ‘berhenti total’..Bukan dgn mengurangi perlhn2.Dan mlam ini Saya telah mengambil kputsan untuk berhenti total dari kegiatan yg tak ada guna itu terhitung 1 oktober 2009. God Help Me..

  9. boim berkata:

    Saya sangat pengen berhenti merokok..
    Sbenarnya sudah 3 hari terakhir, berhenti merokok..
    tapi karena teman2 sekitar pada ngerokok,.. eh ngerokok lagi deh…
    Mestinya harus bener2 berhenti total dan paling penting jangan dulu bergaul dengan orang2 perokok kalee…
    Tapi saya akan usaha lagi… Semoga hidup saya lebih bermanfaat

  10. dwi erlianto berkata:

    Berhenti merokok…!!!..B I S A…!!!!!…. Ayo kita saling mendo’akan…..
    Berhenti merokok…!!!..B I S A…!!!!!….
    Berhenti merokok…!!!..B I S A…!!!!!….
    Berhenti merokok…!!!..B I S A…!!!!!….

  11. mario berkata:

    ingin sekali berhenti merokok..

  12. aldi berkata:

    AYOUWWWWWW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    BERHENTI ROKOK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    AKU PEMADAT ROKOK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    MULAI SIANG INI tanggal 06-05-2010 ROKOK AKU HABIS DAN AKU GA MAU BELI ROKOK LAGIIIIIIIIIIII!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    AKU MAU BERHENTI ROKOK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    TOLONG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. Annonymouse berkata:

    Berhenti merokok , hebat . . ,bisa . . .

    dgn meninggalkan rokok saya jdi punya uang ,karena merokok membuat saya bokek

    dgn meninggalkan rokok cita2 saya terkbulkan ,kmpter terbeli ,

    handphne baru ,bju distro ,mtor mdif ,smwa terpnuhi

    badanpun wangi ,rokok bikin bau bdan ,rokok itu bau ,rokok

  14. supri berkata:

    terima kasih atas tpis nya …
    akan saya usahakan terutama tips pada nomor 9 dan 10..

  15. crezo3. berkata:

    thanks bgtttt…bt tips_Y
    saya jadi bisa memberi saran kpd teman2 saya.

  16. Faizal Ikhsan berkata:

    Kalau di hipnosis untk quit smoking mengalami gak gejala putus rokok?… Berapa kali dan keberhasilannya berapa persen?
    Tq

  17. awi berkata:

    Pernah beberapa kali berhenti tapi kemudian merokok lagi karena:
    1. Berada dilingkungan teman2 perokok, ini susah karena berhenti merokok bukan berarti berhenti berteman.
    2. stress kerja pelariannya merokok, ada cara lain nggak?

    Ketika saya berhenti dulu, saya juga coba hipnosis diri sendiri : Rokok bau, merokok seperti menjilat asbak, merokok seperti kita mengunyah tembakau, “asap kok di telan????”, dll dll, sehingga sempat berhenti beberapa bulan..aduh..gara2 pulang kampung dimana kakak buka toko dan jual rokok..eee akhirnya kumat lagi merokok nya, seprti nya pengin coba hypnosis kali ini. share ya pengalaman masing2

  18. yeffta berkata:

    Ini klausa pembenaran
    utk yg masih merokok.
    Subject: Keuntungan
    Merokok
    Bagi yang masih suka
    merokok, silahkan baca
    dibawah
    ini ….
    1. Perokok pasif lebih
    berbahaya daripada
    perokok
    aktif, maka untuk
    mengurangi resiko
    tersebut aktiflah
    merokok.
    2. Menghindarkan dari
    perbuatan jahat karena
    tidak pernah ditemui
    orang
    yang membunuh,
    mencuri dan berkelahi
    sambil merokok.
    3. Mengurangi resiko
    kematian; dalam berita
    tidak pernah ditemui
    orang yang meninggal
    dalam posisi merokok.
    4. Berbuat amal
    kebaikan; kalau ada
    orang yang mau pinjam
    korek api paling tidak
    sudah siap / tidak
    mengecewakan orang
    yang ingin meminjam.
    5. Baik untuk basa-basi /
    keakraban; Kalau
    ketemu
    orang misalnya di Halte
    kita bisa tawarkan
    rokok. Kalau basa-
    basinya tawarkan uang
    kan nggak lucu.
    6. Memberikan lapangan
    kerja bagi buruh rokok,
    dokter, pedagang
    asongan dan perusahaan
    obat batuk.
    7. Bisa untuk alasan
    untuk tambah gaji
    karena ada
    post untuk rokok dan
    resiko baju berlubang
    kena api rokok.
    8. Bisa menambah
    suasana pedesaan /
    nature bagi
    ruangan ber AC ( dengan
    asapnya ) sehingga
    seolah-olah berkabut.
    9. Menghilangkan bau
    wangi-wangian ruang
    bagi yang
    alergi bau parfum.
    10. Kalau mobil mogok
    karena busi ngadat tidak
    ada
    api, maka sudah siap api.
    11.Membantu program
    KB dan mengurangi
    penyelewengan karena
    konon katanya merokok
    bisa menyebabkan
    impoten.
    12. Melatih kesabaran
    dan menambah
    semangat pantang
    menyerah karena bagi
    pemula merokok itu
    tidak mudah; batuk-
    batuk dan
    tersedak tapi tetap
    diteruskan ( bagi yg
    lulus).
    13. Untuk indikator
    kesehatan; biasanya
    orang yang
    sakit pasti dilarang dulu
    merokok. Jadi yang
    merokok itu pasti orang
    sehat.
    14. Menambah
    kenikmatan: sore hari
    minum kopi dan makan
    pisang goreng sungguh
    nikmat. Apalagi
    ditambah merokok !
    15. Tanda kalau hari
    sudah pagi, kita pasti
    mendengar ayam
    merokok
    16. Anti maling, waktu
    perokok batuk berat di
    malam hari
    17. Membantu shooting
    film keji, rokok
    digunakan
    penjahat buat nyundut
    jagoan yg terikat
    dikursi…hahaha
    penderitaan itu pedih
    jendral..!!!
    18. Film Koboy pasti lebih
    gaya kalo ngerokok
    sambil
    naek kuda, soalnya kalo
    sambil ngupil susah
    betul.
    19. Teman boker yg setia
    20. Buat ngelobangin
    jawaban-2 Ebtanas
    Kata “Rokok” diangkat
    menjadi judul sebuah film
    layar lebar Hollywood
    yang berhasil menyabet
    piala Oscar. Sylvester
    Stallone memerankan
    sang tokoh utama yang
    bernama Rokok Balboa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s